Sabtu, 23 Oktober 2021 | Jam Digital
 
Home Pemerintah Legislatif Politik Hukrim Selebriti Nasional Pendidikan Ekonomi Travel Sosial Olahraga Teknologi Lifestyle
 
APJPMI Upayakan Jasa Penunjang Tidak Dirugikan
Kamis, 17-06-2021 - 09:50:34 WIB
Foto: Ketua DPN APJPMI Helfried Sitompul SE Ak dalam Migas Business Forum yang membahas tema Pengaruh Penerapan Gross Split Bagi Pengusaha Jasa Penunjang Migas, di Premiere Hotel Pekanbaru
TERKAIT:
 
  • APJPMI Upayakan Jasa Penunjang Tidak Dirugikan
  •  

    BANGAI.ID, PEKANBARU -- Tata kelola Blok Rokan saat ini tengah proses peralihan dari PT Chevron Pasifik (CPI) Indonesia ke Pertamina Hulu Rokan. 

    Dalam hal ini, pihak Asosiasi Pengusaha Jasa Penunjang Minyak dan Gas Bumi (APJPMI) mengharapkan, agar kedepannya jasa penunjang tidak dirugikan akibat terjadinya perubahan sistem. 

    Ketua DPN APJP-MI, Helfried Sitompul SE Ak mengatakan, tentu dengan adanya mekanisme bagi hasil yang berbeda akan memengaruhi bisnis proses yang berbeda juga bagi jasa penunjang. 

    "Karena itu, kami meminta kepastian kira-kira aturan apa yang bakal dipakai. Jasa penunjang juga jangan sampai menjadi objek yang dirugikan atas perubahan sistem ini," kata Helfried dalam Migas Business Forum yang membahas tema Pengaruh Penerapan Gross Split Bagi Pengusaha Jasa Penunjang Migas, di Premiere Hotel Pekanbaru, Rabu (16/6/2021). 


    Helfried juga mengatakan, pibaknya cukup bergembira karena pemerintah baik dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral  (ESDM) maupun SKK menegaskan tidak akan melepas jasa penunjang begitu saja. 

    "Jika ada hal-hal yang menberatkan  salah satu pihak, mereka juga bersedia untuk menjembatani agar hal tersebut bisa tereliminasi," kata dia.

    Ia juga menuturkan kegiatan ini adalah bentuk dukungan APJPMI untuk transisi Blok Rokan, terlebih Gross Split diterapkam untuk Blok Rokan, dimana para pengusaha yang terlibat sebelumnya menerapkan Cost Recovery. 

    "Jadi, pengusaha yang ada di sini, yang sebelumnya pakai Cost Recovery ingin tetap eksis di jasa penunjang, tapi tolong regulasinya apa dulu," imbuhnya. 

    Helfried menambahkan APJPMI memberikan dukungan penuh untuk Pertamina Hulu Rokan agar transisi ke depan berjalan dengan lancar. Selain itu, ia juga menyampaikn kepada para pengusaha dan masyarakat, untuk mendukung kelancaran perusahaan merah putih ini, dengan memberikan masukan untuk hasil yang lebih baik dan mewujudkan Riau Tanpa Gejolak Sosial (RTGS). 

    Selain itu, Helfried menambahkan dengan berubahnya mekanisme bagi hasil tentu akan ada tantangan dan peluang untuk bisnis model baru, terutama dikaitkan dengan inisiatif dari provinsi di Blok Rokan. "Kebijakan bisa dibuat yang lebih pro pada lokal, dan semakin membuka peluang bisnis baik perbankam atau local development. Dengan adanya regulasi baru mudah-mudahan ada keberpihakan yang lebih positif segingga multiplier efeknya akan dirasakan masyarakat," urainya. 

    Helfried menambahkan, pihaknya juga mendorong agar Kantor Pengadaan Barang dan Jasa, setelah diambil alih oleh Pertamina Hulu Rokan dapat dikembalikam ke Riau. Dimana beberapa tahun ini, telah dipindahkan ke Jakarta. 

    "Awalnya di Rumbai. Pak Wako juga apresiasi jika Rumbai jadi Pusat Pengadaan Barang dan Jasa. Bayangkan aja jika ada Rp35 triliun per tahun yang dikelola di situ, tiga kali lipat dari APBD. Kan sayang kalau tidak dimanfaatkan sama-sama," ujarnya. (*)




     
    Berita Lainnya :
  • APJPMI Upayakan Jasa Penunjang Tidak Dirugikan
  •  
    Komentar Anda :

     
    Indeks Berita
    Ketua Puskopkar Dilaporkan ke Polda Riau, Polisi Langsung Lakukan Penyelidikan 
    Kamis 21-10-2021 - 23:00
    OJK Minta BRK Lengkapi Berkas Untuk Syarat Konversi ke Syariah
    Senin 18-10-2021 - 08:09
    Ketua Demokrat Rohil Imam Suroso Minta Yusril Santun Berdemokrasi
    Senin 11-10-2021 - 07:34
    Syamsuar Dua Periode Bergemuruh di Meranti, Safari Konsolidasi Golkar Jelang Pemilu Dimulai
    Senin 11-10-2021 - 07:31
    Molornya Konversi Bank Riau Kepri ke Syariah Dianggap Karena Kurang Jemput Bola
    Senin 11-10-2021 - 07:26
    Diapit Sungai Kampar dan Siak, Dinas PUPR Pekanbaru Susun Rencana Pencegahan Banjir
    Jumat 24-09-2021 - 07:40
    Diapit Sungai Kampar dan Siak, Dinas PUPR Pekanbaru Susun Rencana Pencegahan Banjir
    Rabu 22-09-2021 - 19:26
    Forum Pekanbaru Kota Bertuah Bagi Masker ke Sekolah
    Selasa 21-09-2021 - 07:47
    Jelang Pemilu 2024
    PKB Pekanbaru Terbuka Bagi Semua Etnis dan Agama
    Selasa 21-09-2021 - 07:40
    Evaluasi Pejabat Pemprov
    Pimpinan Dewan Riau Minta Gubernur Terima Masukan Wakil Rakyat
    Selasa 21-09-2021 - 07:34
    Segera Dilantik
    Syamsurizal Ajak Kader PPP Riau Bangkit
    Selasa 21-09-2021 - 07:29
     
         
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    Hak Cipta © Bangai.iD | ruang inspiratif