Minggu, 07 Juni 2020 | Jam Digital
 
Home Pemerintah Legislatif Politik Hukrim Selebriti Nasional Pendidikan Ekonomi Travel Sosial Olahraga Teknologi Lifestyle
 
Danlanud Rsn Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila
Sabtu, 01-06-2019 - 15:13:17 WIB
Foto: ist/*
TERKAIT:
 
  • Danlanud Rsn Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila
  •  

    BANGAI.ID, PEKANBARU -- Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka,S.T.,M.M., pimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2019 di Apron Baseops Lanud Rsn, Sabtu (1/6/19).

    Dalam sambutan Plt. Kepala BPIP ( Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) yang dibacakan oleh Danlanud RSN Marsma TNI Ronny Irianto Moningka mengatakan, bahwa Pancasila sebagai dasar ideologi negara dan pandangan hidup bangsa  yang digali oleh para "pendiri bangsa" merupakan suatu anugerah Tuhan Yang Maha Esa buat Bangsa Indonesia . Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai -nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.

    "Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek anthropologis hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari", ujar Plt.Kepala BPIP.

    Selanjutnya dalam sambutannya Plt. Kepala BPIP mengatakan, Dalam konteks itulah sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Pertama, kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental Bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga 2 bangsa nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa. Sebagai bangsa besar kita tidak akan meninggalkan sejarah, apa yang oleh Bung Karno disebut "Jas Merah" untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita memperingati hari kelahiran Pancasila sebagi salah satu kebanggaan nasional (national pride). Kedua, dengan merayakan hari kelahiran Pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyonsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai "weitstars dimanis" bintang penuntun mengandung visi dan misi orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa kedepan, sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasikan visi dan misi Bangsa Indonesia.

    "Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi "politik harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh Bangsa Indonesia. Kita bersatu bersatu membangun bangsa untuk merealisasika  tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia kita Pancasila", ujar Plt.Kepala BPIP.

    Upacara peringatan hari lahir Pancasila dihadiri oleh Para Kadis, Dansat, perwira dan para peserta upacara lainya. (Rls)



     
    Berita Lainnya :
  • Danlanud Rsn Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila
  •  
    Komentar Anda :

     
    Indeks Berita
    Ade Minta Ponpes di Riau Agar Diberi Perhatian Khusus oleh Pemprov
    Sabtu 30-05-2020 - 09:03
    Puskopkar Sudah Kuasai Lahan dan Kebun Sawit di Rohul
    Sabtu 23-05-2020 - 16:16
    Generasi yang tak Diinginkan, Sebuah Perbandingan Antara "Yang Disayang" dan "Yang Dibuang"
    Selasa 19-05-2020 - 13:16
    Sudah Lama Vakum, Bisnis Puskopkar Riau Segera Dihidupkan Kembali
    Selasa 19-05-2020 - 10:26
    Iwapi Pekanbaru Serahkan 107 Paket Sembako kepada Masyarakat Terdampak Covid-19
    Selasa 12-05-2020 - 08:31
    DPD Pengajian Al Hidayah Riau dan BKOW Bagikan Ratusan Masker di Jalan
    Minggu 10-05-2020 - 12:31
    Ketua DPD Pengajian Al Hidayah Riau Terharu Saat Bagikan Sembako kepada Warga Terdampak Covid-19
    Minggu 10-05-2020 - 10:34
    Opini
    DIDI KEMPOT SANG MAESTRO CAMPUR SARI
    Selasa 05-05-2020 - 14:20
    Virus Corona
    TNI-Polri di Riau Bagikan 300 Paket Sembako ke Jukir Hingga Penyapu Jalan
    Minggu 19-04-2020 - 14:51
    Pemko Pekanbaru Disarankan Geser Anggaran Daerah untuk 3 Bulan Dalam Penanggulangan Covid-19
    Jumat 17-04-2020 - 09:26
    Peri Akri: Pemerintah Harus Pastikan Sejumlah Pasokan Aman Sebelum Pemberlakuan PSBB
    Senin 13-04-2020 - 18:21
     
         
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    Hak Cipta © Bangai.iD | ruang inspiratif