Jum'at, 14 Mei 2021 | Jam Digital
 
Home Pemerintah Legislatif Politik Hukrim Selebriti Nasional Pendidikan Ekonomi Travel Sosial Olahraga Teknologi Lifestyle
 
Disketapang Pekanbaru Serahkan Bantuan Pertanian untuk Poktan Binaan Lanud Roesmin Nurjadin
Selasa, 15-12-2020 - 09:43:26 WIB
Foto: Penyerahan simbolis bantuan untuk poktan binaan lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru/ist/*
TERKAIT:
 
  • Disketapang Pekanbaru Serahkan Bantuan Pertanian untuk Poktan Binaan Lanud Roesmin Nurjadin
  •  

    BANGAI.ID, PEKANBARU -- Kelompok Tani (Poktan) I yang merupakan kumpulan petani binaan pangkalan udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru menerima bantuan pertanian dari pihak Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru. Sebagaimana diketahui, Poktan ini ambil bagian dalam program Kawasan Mandiri Pangan (Kamapan).

    Adapun bantuan pertanian tersebut adalah berupa bibit tanaman, ternak dan belanja pendukung lainnya. Bantuan ini diserahkan langsung di komplek lanud Roesmin Nurjadin, disaksikan Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, beserta Danlanud Marsma TNI Ronny Irianto, ST, MM.

    Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, S.Si dalam sambutannya menyampaikan apresiasinya atas keberadaan poktan dalam binaan Lanud Roesmin Nurjadin tersebut.

    "Tentunya kami mengapresiasi kehadiran poktan Mustang yang merupakan binaan lanud. Kita berharap poktan Mustang dan poktan-poktan lainya di kota Pekanbaru dapat mewujudkan tujuan ketahanan pangan kota Bertuah," kata Ayat.

    ia juga menyampaikan, Pemerintah Kota Pekanbaru berharap petani yang menerima bantuan dapat memanfaatkan stimulus yang diberikan pemerintah.

    Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru, Alek Kurniawan, mengatakan, TNI sudah sejak lama berkontribusi  membantu ketahanan pangan nasional. Menurut Alek kontribusi itu sudah berlangsung sejak puluhan tahun silam.

    "Juga ada MoU antara TNI dan Kementerian pertanian pada 2015 sebagai bukti pelibatan TNI. Pun begitu TNI juga beperan strategis dalam urusan pangan, terutama pada masa pandemic covid-19," ujarnya.

    Foto: Danlanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Ronny Irianto (paling kanan), saat mengunjungi poktan mustang bersama Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi (tengah), dan Kadis DKP Alek Kurniawan/ist/*

    Alek juga mengatakan, hingga saat ini belum ada yang dapat memprediksi kapan Covid-19 akan selesai. Kondisi tersebut dikhawatirkan bakal menyebabkan terjadinya kelangkaan produk pertanian.

    "Karena itu, Pemerintah Kota melalui Dinas Ketahanan Pangan akan terus semangat memberikan dorongan kepada kelompok dan kegiatan pertanian untuk lebih berkarya dan kreatif" ucap Alek.

    Sementara itu Danlanud Roesmin Nujadin, Marsma TNI Ronny Irianto,  menyebut TNI selalu menjadi bagian dari pelaksanaan program-program strategis Pemerintah salah satunya  dalam mewujudkan Ketahanan Pangan yang memadai.

    "Harapan kami, semoga Poktan Mustang II dan III kedepannya juga mendapatkan hal yang sama. Karena TNI ikut ambil bagian dalam pelaksanaan program-program strategis," ujarnya.

    Sebagaimana diketahui, kawasan mandiri pangan merupakan kawasan yang dibangun dengan melibatkan keterwakilan masyarakat dalam rangka meningkatkan pengelolaan kelembagaan masyarakat untuk ketahanan pangan masyarakat.

    Adapun output kegiatan ini berupa pemberian bibit tanaman , bibit ternak, infrastruktur dan belanja pendukung kegiatan tpoktan. Pengucuran bantuan melaui kegiatan  ini merupakan pemanfaatan dana insentif daerah tambahan kota pekanbaru tahun 2020.

    Jumlah penerima manfaatnya untuk tahun ini adalah sebanyak 15 kelompok tani yang salah satunya adalah kelompok tani mustang I. Adapun paket bantuanya terdiri dari: naungan/ rumah bibit, bibit tanaman, bibit ayam buras, kandang dan pakan, bibit lele, kolam bioflog dan pakan, beserta paket pendukung seperti pupuk dan belanja pendukung pertanian lainnya yang dibutuhkan kelompok tani. (*)



     
    Berita Lainnya :
  • Disketapang Pekanbaru Serahkan Bantuan Pertanian untuk Poktan Binaan Lanud Roesmin Nurjadin
  •  
    Komentar Anda :

     
    Indeks Berita
    Berkat Pegadaian, Mustahik Dapat Gerobak Berkah yang Layak untuk Jualan
    Kamis 06-05-2021 - 20:23
    Temukan Pelanggaran Perda dan Prokes Covid-19
    Sabtu 21-03-2021 - 23:27
    Rapat Paripurna Pelaksanaan Reses
    Senin 19-03-2021 - 19:52
    DPRD Sahkan Ranperda Inovasi Daerah dan Ranperda PPBD
    Senin 15-03-2021 - 19:52
    Pertanyakan Peredaran Minol di Pekanbaru
    Senin 01-03-2021 - 20:15
    Nakes Libur adalah Wajib
    Jumat 01-01-2021 - 11:37
    Pariwisata
    Dari Muhibah PWI Pekanbaru ke Sumbar, Wabup Suhatri Bur: Kami Butuh Promosi
    Minggu 27-12-2020 - 12:00
    Ada Aktivis 98 Hingga Kapitra Ampera Masuk Kabinet Reshuffle: Jokowi Harus Tepati Janji !
    Selasa 22-12-2020 - 06:12
    45 Anggota DPRD Pekanbaru Ikuti Bimtek Renja dan Kode Etik di DIY
    Senin 21-12-2020 - 21:27
    Bersempena Usia Ke-18, Alumni AAU 2002 Gelar Baksos
    Sabtu 19-12-2020 - 17:25
    Doni Monardo: Harus Revisi UU Kekarantinaan Kesehatan
    Sabtu 19-12-2020 - 16:20
     
         
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    Hak Cipta © Bangai.iD | ruang inspiratif