Sabtu, 23 Oktober 2021 | Jam Digital
 
Home Pemerintah Legislatif Politik Hukrim Selebriti Nasional Pendidikan Ekonomi Travel Sosial Olahraga Teknologi Lifestyle
 
Kini, Pelayanan Publik Kota Pekanbaru dalam Satu Genggaman
Senin, 06-09-2021 - 14:02:26 WIB

TERKAIT:
 
  • Kini, Pelayanan Publik Kota Pekanbaru dalam Satu Genggaman
  •  

    BANGAI.ID, PEKANBARU - sebagai upaya merealisasikan Pekanbaru Smartcity Madani, Pemerintah Kota (Pemko) terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan publik kepada masyarakat. Menjawab tantangan era revolusi industri 4.0, Pemko meluncurkan aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman.

    Aplikasi ini adalah layanan kemudahan publik yang merangkum pelayanan masyarakat dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Layanan publik aplikasi digital ini merupakan lanjutan setelah sukses menghadirkan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang pertama terintegrasi dan jadi percontohan terbaik se Indonesia.

    Pemko melalui Diskominfo Kota Pekanbaru menyiapkan sistem informasi dan layanan digital terintegrasi yang disebut Pekanbaru Dalam Genggaman. Sistem Informasi dan Layanan informasi yang menghimpun seluruh aplikasi layanan dan informasi publik yang ada dalam lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru.

    Sistem ini memudahkan seluruh kalangan masyarakat terutama Kota Pekanbaru dan Riau, maupun nasional untuk mengakses informasi atau mendapatkan layanan dari Pemerintah Kota Pekanbaru yang meliputi urusan perizinan, nonperizinan, pengurusan identitas kependudukan, mendapatkan informasi investasi, ekonomi, perpajakan, retribusi, pendidikan, perdagangan, kesehatan, kepariwisataan hingga urusan kepegawaian, CCTV Kota Pekanbaru, dan informasi publik.

    Semuanya bisa diakses dari satu sistem informasi dan layanan digital terintegrasi Pekanbaru Dalam Genggaman berbasis website dan android yang terkoneksi ke portal resmi Pemerintah Kota Pekanbaru www.pekanbaru.go.id.

    Foto Walikota Pekanbaru, Firdaus ST MT, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi SSi danSekretaris Daerah Kota Pekanbaru H Muhammad Jamil SAg MAg.

    “Sistem informasi digital terintegrasi ini merupakan upaya dari pemerintah menjadikan semua layanan publik menjadi satu pintu atau satu kali akses,” kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kota Pekanbaru, Firmansyah Eka Putra melalui Kabid Pengelolaan Layanan Informasi dan Komunikasi Publik Mawardi S.Ag, Minggu 5 September 2021.

    Menurutnya, aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman memudahkan masyarakat mendapatkan berbagai informasi dan layanan Kota Pekanbaru. Awalnya, Pekanbaru Dalam Genggaman merupakan salah satu output dari aksi perubahan Kabid PLIKP Diksominfo Pekanbaru pada Diklat Pimpinan III Administrator. “Kami sangat mendukung aksi perubahan yang dilakukan oleh Kabid PLIKP ini,” katanya.

    Nantinya, lanjut Mawardi, aplikasi Pekanbaru Dalam Genggaman akan menjadi sebuah inovasi daerah berkat dukungan dari Walikota Firdaus, Wakil Walikota Ayat Cahyadi, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Muhammad Jamil beserta Kadiskominfo, Kabid dan tenaga IT yang tersebar di berbagai OPD Pemerintah Kota Pekanbaru.

    Masyarakat bisa men-download di apps playstore, bisa masuk ke segala bidang pelayanan, baik kependudukan, seperti KTP, KK, KTP rusak, akte kelahiran dan pernikahan. Begitu juga dalam hal perpajakan, masyarakat dapat mengakses informasi pajak melalui smart pajak, urusan kepegawaian dapat mengakses informasi pegawai dari sinergi/simpeg, dishub rekomendasi perhubungan, trayek, cctv sejumlah ruas jalan di Kota Pekanbaru, wisata, peluang investasi, lowongan pekerjaan dari Disnaker, termasuk memantau aktivitas pendidikan dan kesehatan di Kota Pekanbaru.

    “Semuanya bisa diakses di Pekanbaru dalam Genggaman. Aplikasi ini telah diluncurkan pada 2 September 2021. Pekanbaru dalam genggaman akan menjadi salah satu inovasi daerah pekanbaru yang akan berkelanjutan, dan akan masuk dalam renstra Diskominfo,” katanya.

    Sistem Informasi dan Layanan Digital Terintegrasi “Pekanbaru dalam Genggaman banyak manfaat. Dimana dengan terintegrasinya seluruh sistem informasi dalam satu tempat maka akan membentuk jaringan kerjasama yang saling melengkapi antar stakeholder serta peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia di bidang

    “Selain itu, juga semakin meningkatnya sistem diseminasi informasi kepada masyarakat luas dan mempercepat pelayanan publik dan kepegawaian,” sebutnya.
    Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT menyebutkan, kehadiran system informasi terintegrasi Pekanbaru Dalam Genggaman adalah inovasi terbaik mewujudkan informasi dan pelayanan yang muadh bagi masyarakat.

    “Program ini juga adalah wujud dari visi dan misi Pemerintah Kota Pekanbaru untuk menciptakan Kota Smarcity Madani,” katanya. (adv)



     
    Berita Lainnya :
  • Kini, Pelayanan Publik Kota Pekanbaru dalam Satu Genggaman
  •  
    Komentar Anda :

     
    Indeks Berita
    Ketua Puskopkar Dilaporkan ke Polda Riau, Polisi Langsung Lakukan Penyelidikan 
    Kamis 21-10-2021 - 23:00
    OJK Minta BRK Lengkapi Berkas Untuk Syarat Konversi ke Syariah
    Senin 18-10-2021 - 08:09
    Ketua Demokrat Rohil Imam Suroso Minta Yusril Santun Berdemokrasi
    Senin 11-10-2021 - 07:34
    Syamsuar Dua Periode Bergemuruh di Meranti, Safari Konsolidasi Golkar Jelang Pemilu Dimulai
    Senin 11-10-2021 - 07:31
    Molornya Konversi Bank Riau Kepri ke Syariah Dianggap Karena Kurang Jemput Bola
    Senin 11-10-2021 - 07:26
    Diapit Sungai Kampar dan Siak, Dinas PUPR Pekanbaru Susun Rencana Pencegahan Banjir
    Jumat 24-09-2021 - 07:40
    Diapit Sungai Kampar dan Siak, Dinas PUPR Pekanbaru Susun Rencana Pencegahan Banjir
    Rabu 22-09-2021 - 19:26
    Forum Pekanbaru Kota Bertuah Bagi Masker ke Sekolah
    Selasa 21-09-2021 - 07:47
    Jelang Pemilu 2024
    PKB Pekanbaru Terbuka Bagi Semua Etnis dan Agama
    Selasa 21-09-2021 - 07:40
    Evaluasi Pejabat Pemprov
    Pimpinan Dewan Riau Minta Gubernur Terima Masukan Wakil Rakyat
    Selasa 21-09-2021 - 07:34
    Segera Dilantik
    Syamsurizal Ajak Kader PPP Riau Bangkit
    Selasa 21-09-2021 - 07:29
     
         
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    Hak Cipta © Bangai.iD | ruang inspiratif