Minggu, 23 Januari 2022 | Jam Digital
 
Home Pemerintah Legislatif Politik Hukrim Selebriti Nasional Pendidikan Ekonomi Travel Sosial Olahraga Teknologi Lifestyle
 
Dishub Ubah Wajah Parkir di Pekanbaru Melalui Teknologi dan Layanan
Jumat, 29-10-2021 - 15:27:49 WIB
Dishub Ubah Wajah Parkir di Pekanbaru Melalui Teknologi dan Layanan
TERKAIT:
 
  • Dishub Ubah Wajah Parkir di Pekanbaru Melalui Teknologi dan Layanan
  •  

    BANGAI.ID, PEKANBARU--Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Perhubungan (Dishub) berupaya untuk mengelola perparkiran dengan lebih baik, professional, terukur, terarah dan terbatas sesuai dengan kewenangan yang dimilikinya.

    Maka terhitung sejak September 2021 Dishub Pekanbaru membuat inovasi bersama pihak ketiga dalam pengelolaan parkir tepi jalan umum. Sejumlah penataan dilakukan untuk menampilkan wajah baru perparkiran tepi jalan umum.



    Tujuan penataan perparkiran yang utama adalah dalam rangka mendukung mewujudkan system pergerakan barang dan dan orang yang efektif dan effisien dalam semua aktifitas dijalan dengan system manajemen handal dan berbasis Teknologi Informasi.

    Pengelolan parkir tepi jalan umum pun resmi beralih dari Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru ke PT Yabisa Sukses Mandiri (YSM) selaku pihak ketiga terhitung awal September.

    Pihak ketiga mengelola di 88 ruas jalan yang menjadi titik parkir tepi jalan umum. Lokasinya berada di sembilan kecamatan yakni Bukit Raya, Kulim, Limapuluh, Marpoyan Damai dan Pekanbaru Kota.



    Kemudian Sail, Senapelan, Sukajadi dan Tenayan Raya. Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso menyebut bahwa pengelola tidak cuma mengatur sistem parkir tepi jalan.

    Mereka juga menyediakan sarana dan peralatan penunjang bagi juru parkir. Ada rompi hingga tanda pengenal yang mesti disiapkan pengelola.

    Seiring berjalan, pada awal Oktober 2021, Dishub Kota Pekanbaru bersama pihak ketiga resmi meluncurkan mesin Electronic Data Capture (EDC). Mesin ini sebagai metode pembayaran parkir non tunai.

    "Sesuai dengan yang sudah kita rancang bersama pihak ketiga, bahwa pengelolaan parkir di beberapa ruas jalan kita beri opsional dalam pemilihan pembayaran non-tunai," terang Kepala Dishub Kota Pekanbaru, Yuliarso, Jumat (29/10/2021).



    Ia mengajak masyarakat Kota Pekanbaru untuk menggunakan opsi pembayaran parkir secara non-tunai. Supaya apa yang menjadi permasalahan seperti ini seperti pendapatan, pendataan parkir dapat terjawab.

    Menurutnya, dengan penggunaan EDC ini seluruh transaksi dalam jasa layanan parkir terekam. Sehingga seluruh transaksi dapat diketahui dalam sebuah database.

    "Jadi lebih transparan, akuntabel. EDC ini bisa diaplikasikan dengan uang elektronik (E-money). Juga bisa digunakan dengan debet atau kartu ATM, dan dengan QRIS," terangnya.

    Tahap pertama, mesin EDC ini akan di sebar di 250 titik parkir di ruas jalan protokol. Pelaksanaan penggunaan EDC ini dikatakan Yuliarso membutuhkan proses. Karena para jukir juga terus memerlukan bimbingan untuk pengaplikasian EDC.

    "Kami bimbing dalam operasional, dan menyampaikan kepada pengendara. Pembayaran mau dilakukan secara tunai atau non-tunai," jelasnya.